Beranda Keluarga Dunia Anak Tambah Anak Dewasa ? Mari Lakukan 6 PDKT antara Anak dan Ayah...

Tambah Anak Dewasa ? Mari Lakukan 6 PDKT antara Anak dan Ayah sejak Dini

38
0
Man and boy fishing on the lake; Shutterstock ID 85363498; PO: aol; Job: production; Client: drone

Man and boy fishing on the lake; Shutterstock ID 85363498; PO: aol; Job: production; Client: drone

Tidak Ingin Anak Kian Menjauh kala Mereka Tambah Dewasa? Mari Lakukan PDKT antara Anak dan Ayah sejak Dini

Sahabat Abi Ummi, pasti senang, ya, melihat keakraban orang tua dengan anak-anaknya. Melihat mereka menjadikan kita sebagai teman dalam banyak aktivitas dan membagi cerita sehari-hari. Tak jarang ketika semakin bertambah usia anak, semakin jarang kita berinteraksi dengan mereka, terutama ayah dengan anak laki-lakinya. Oleh karena itu, dekati anak sejak dini. Buat mereka merasa nyaman dengan hubungan orang tua-anak dan lakukan banyak kegiatan bersama. Apa saja yang dapat dilakukan anak dan ayahnya agar tercipta kedekatan sejak dini? Yuk, disimak!

1. Mengambil Alih Pekerjaan Rumah ketika Ummi sedang Sakit

Segala pekerjaan rumah yang biasa dikelola oleh ummi tentu akan terbengkalai ketika ia sakit atau sedang bepergian. Jika Abi mengalami hal ini, jadikan kesempatan ini untuk lebih dekat bersama anak dengan mengajak mereka melakukan pekerjaan rumah tangga. Hubungan anak dan ayah dapat dipererat dengan kegiatan memasak bersama meski hanya masakan sederhana, membersihkan rumah, atau mengajak anak bermain dan belajar kala ummi tengah sakit.

2. Mengajak Anak Menghabiskan Akhir Minggu Berdua

Kegiatan ini akan menguntungkan banyak pihak. Di satu sisi, ummi akan memiliki “me time” untuk beristirahat, di sisi lain Abi memiliki kesempatan mempererat hubungan dengan anak laki-lakinya. Jadi, sesekali ajak anak pergi berdua, seperti ke toko mainan, makan es krim favorit, atau menonton film keluarga di bioskop.

3. Sesibuk Apa pun Tanyakan Perkembangan Anak

Terkadang, akibat pekerjaan yang membludak, Abi terlalu lelah untuk menyempatkan waktu memperhatikan keluarga sepulang kerja. Kesempatan mendekatkan hubungan anak dan ayah lainnya adalah dengan menghampiri anak dan menanyakan banyak hal yang menunjukkan perhatian, misal, “Ada PR yang sulit dan bisa Abi bantu?” atau, “Sudah mempersiapkan untuk sekolah besok? Yuk, Abi bantu.” Lewat cara ini, anak merasa Abi selalu ada meski waktunya lebih banyak dihabiskan di luar rumah.

4. Mengecat Rumah dan Mengurus Kebun, Kenapa Tidak Libatkan Anak?

Tiap anak memiliki sifat ingin dianggap bertanggung jawab dan dapat melakukan tugas-tugas besar. Mereka ingin orang tua percaya bahwa mereka dapat diandalkan. Libatkan anak dalam tugas yang menjadi tanggung jawab Abi, misal memotong rumput, mengecat rumah, hingga memberi makan hewan peliharaan. Apalagi kegiatan-kegiatan ini dapat dilakukan sambil bermain, juga melatih motorik dan kreativitas anak.

5. Ajak Anak Menghabiskan Waktu dengan Menikmati Hobi Bersama

Anak dan ayah dapat didekatkan dengan menghabiskan waktu bersama, termasuk dalam menikmati hobi. Terlebih anak laki-laki cenderung memiliki minat yang serupa dengan ayahnya, misal dalam bidang olahraga. Menonton pertandingan sepakbola bersama, baik secara langsung atau lewat televisi, membaca buku atau surat kabar berdua, bernyanyi sambil bermain gitar, memancing, hingga mengurus kebun atau hewan peliharaan berdua dapat menjadi pilihan di antara sekian banyak hobi. Abi juga sebaiknya tau apa saja hobi lain dari anak dan minta anak menujukkannya atau mengajarkannya.

6. Mengantar dan Menjemput Anak ke Sekolah atau Tempat Aktivitas Lain

Kegiatan ini adalah hal yang mungkin paling sering dilakukan Abi untuk anak-anaknya. Tapi, banyak juga, lo, yang diambil alih oleh ummi karena Abi sibuk bekerja atau justru belum terbangun di pagi hari. Sebisa mungkin, sempatkanlah mengantar anak ke sekolahnya dan jemput anak di sekolah ketika Abi memiliki waktu luang. Kalau tidak bisa ke sekolah, Abi dapat menjemput mereka di tempat. Dengan cara ini, anak akan merasa bangga akan ayahnya, sekaligus menjamin keamanan dan keselamatan mereka lebih baik.

Nah, sepertinya tiap keluarga memiliki tips tersendiri untuk mendekatkan hubungan anak dan ayah sehari-hari. Menyediakan waktu sebanyak mungkin untuk keluarga adalah yang terpenting. Percaya dan libatkan anak dalam tiap kemungkinan. Semoga anak akan tumbuh menjadi sosok yang menghargai waktu dan kebersamaan bersama orang tuanya hingga mereka dewasa nanti.//abiummi.com/

Pembaca (24)