Mengambil Banyak Manfaat dari Film Kartun Anak

Sahabat Abi Ummi, menonton film kartun anak ternyata memiliki dampak positif untuk anak-anak. Film kartun yang membawa pesan positif akan menjadi pelajaran yang baik secara tidak langsung untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Tentu saja kita harus selektif dalam memilihkan judul film kartun. Tidak semua film kartun membawa pesan positif karena ada juga film kartun yang berdampak negatif. Untuk hal ini, membaca terlebih dahulu resensi film yang biasa ada di bagian belakang DVD atau dari ulasan orang yang pernah menontonnya akan membantu kita untuk menentukan baik dan tidaknya ditonton anak-anak.

Nilai positif dari beberapa film kartun biasanya bersifat universal. Nilai positif dalam kehidupan, seperti sikap pantang menyerah, sikap membantu teman, pertemanan yang baik, belajar dari kesalahan, dan hal positif lain yang baik untuk siapa pun, bahkan orang dewasa ketika selesai menonton filmnya. Sementara itu, nilai negatif yang harus dihindari, antara lain film kartun yang didominasi oleh adegan kekerasan, guyonan yang mengandung unsur seks, dan hal negatif lain yang bisa merusak anak-anak kita.

Beberapa film kartun di bawah ini memiliki beberapa pesan positif yang bisa dijadikan pelajaran dan bahan diskusi kita di rumah bersama anak-anak. Sangat indah rasanya ketika kita bisa mengambil hikmah dan mendiskusikannya bersama seluruh anggota keluarga.

1. Belajar Pantang Menyerah dari Film “Finding Nemo”

film-kartun-anak-1

Ketika kita kehilangan sesuatu, berjuanglah terus untuk mendapatkannya kembali. Berjuang menembus segala halangan dan rintangan. Pelajaran yang penting untuk anak-anak agar tidak mudah menyerah ketika mendapatkan masalah. Perjuangan mungkin terasa berat karena banyaknya rintangan, tetapi sikap pantang menyerah harus tetap tumbuh dalam diri anak-anak. Film ini bercerita manis tentang perjuangan ini. Buah kerja keras menghadapi halangan akan berbuah manis di akhir, seperti Nemo yang akhirnya ditemukan oleh ayahnya dan mereka bisa bersatu kembali setelah lama terpisah jauh.

2. Menebus Kesalahan dari Kisah Mc Queen di Film “Cars”

film-kartun-anak-2

Melakukan kesalahan, kemudian memperbaikinya dan bangkit untuk berprestasi. Mc Queen dalam film Cars adalah bentuk sikap positif yang menarik untuk anak-anak. Kesalahan karena merusak jalan di Rute 66 membuatnya harus berjuang merapikan kembali jalan sebagaimana kondisi awal. Film ini juga mengajarkan tentang sikap egois, persahabatan, dan usaha pantang menyerah. Berprestasi boleh saja, tetapi tidak boleh egois hingga mengabaikan persahabatan. Keberhasilan Mc Queen di pentas balap mobil tidak melupakan seorang maestro yang hendak mengakhiri kariernya. Momen di akhir balapan menunjukkan sikapnya yang tidak egois. Ia menghampiri sang maestro balap untuk mengakhiri balapan sekalipun membuat dirinya harus melepas kesempatan juara.

3. Tetap Percaya Diri sekalipun Merasa Memiliki Kekurangan seperti Po di Film “Kungfu Panda”

film-kartun-anak-3

Tak jarang kita berhadapan dengan kondisi anak yang kurang atau tidak percaya diri saat mengalami kekurangan dalam dirinya, misalnya bentuk tubuh, berat badan, dan hal lain yang membuat ia merasa tidak percaya diri. Seorang tokoh bernama Po dalam film Kungfu Panda adalah panda yang badannya besar, suka makan yang banyak, dan tak memiliki tampilan sebagai seorang pendekar naga. Sekalipun badannya besar dan tak memiliki tampilan sebagai pendekar, Po tetap bertekad untuk menjadi pendekar naga. Dengan ketekunan, usaha, dan kerja keras dalam latihan, Po akhirnya bisa membuktikan dirinya layak menjadi pendekar naga. Ia berhasil bukan karena kemampuannya mengalahkan orang lain, melainkan karena ia berhasil menjadi dirinya sendiri. Ya, ia tetap suka makan ramen, tetap senang bercanda, dan tetap memiliki kasih sayang untuk ayahnya yang berbeda dari dirinya. Ia menerima segala sesuatunya tanpa alasan, seperti halnya pesan dari gulungan yang berisi cermin.

Nah, Sahabat Abi Ummi, sangat menarik, bukan? Ya, dari film kartun anak, kita bisa mengajak anak belajar sikap hidup yang berguna untuk anak-anak kita. Masih banyak film kartun yang bisa dijadikan pelajaran. Kita bisa memilihkan film yang sesuai dengan kebutuhan, seperti Inside OutPostman Pat, Thomas and Friend, Bob The Builder, dan film lainnya. Selamat memilih dan menonton, ya Sahabat Abi Ummi.//abiummi.com/

 

Pembaca (65)

Outbound

Outbound