Jaga Pandanganmu, Akhwat!

pandangan-wanita

 

SETIAP harinya seorang wanita tentunya melakuakan pergaulan. Baik dengan sesama wanita ataupun dengan laki-laki. Islam tidak pernah melarang wanita untuk bergaul dengan sesamanya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana seharusnya wanita dalam pandangan Islam.

Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang wanita ketika bergaul adalah menundukkan pandangan. pergaulan wajib bagi wanita menjaga pandangannya dari hal-hal yang diharamkan seperti aurat laki-laki dan memandang laki-laki dengan syahwat.

Dikutip dari kabarmuslimah.com, Allah berfirman, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’ Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya. (QS. An-Nuur: 30-31).

Namun Jika secara tidak sengaja melihat sesuatu yang haram, hendaknya segera memalingkan pandangannya. Hal Sebagaimana yang dirangkan dalam sebuah hadits dari Ibnu Abbas bahwasanya dia telah berkata: “Fadhl pernah dibonceng oleh Rasulullah. Kemudian ada seorang wanita Khots’am yang lewat, lantas Fadhl melihat wanita itu, dan wanita itu pun melihat Fadhl. Melihat kejadian tersbt, dengan segera Nabi memalingkan wajah Fadhl ke arah yang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menjaga pandangan merupakan sarana terbesar dalam menjaga kemaluan sebagaimana penjelasan Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam kitab beliau Al-Jawabul Kafi: “Pandangan adalah asal seluruh bencana yang menimpa manusia. Bermula dari pandangan akan lahirlah keinginan, dan keinginan akan melahirkan pemikiran. Dari pemikiran akan lahirlah syahwat (hawa nafsu) yang pada akhirnya syahwat itu akan mendorong menjadi keinginan yang sangat kuat hingga terjadi apa yang ia inginkan.”

Sayangnya hari ini banyak sekali wanita yang tidak mengamalkan nasihat ini kecuali yang dirahmati Allah.[islampos]

Pembaca (20)