Beranda Internasional Eropah Hampir Tiap Hari Orang Masuk Islam di Inggris

Hampir Tiap Hari Orang Masuk Islam di Inggris

14
0

download-1

 

Seorang Muslim dari West Yorkhire, Inggris, Yusuf Ismail Patel (54) mengungkapkan besarnya angka warga yang memeluk Islam di negeri itu.

Dalam kunjungannya ke kantor berita Mi’raj Islamic News Agency (MINA) baru-baru ini, Patel yang juga pendiri lembaga amal dunia berbasis di Inggris World Charity Organisation (WCO) mengatakan hampir tiap hari ada warga yang memeluk agama Islam, hal ini terjadi sejak ramainya peristiwa 11/9 di Amerika Serikat.

“Hampir tiap hari saya melihat dan mendengar ada yang masuk Islam di Inggris,” katanya kepada MINA.

Hal itu dikuatkan laporan terbaru yang mengatakan jumlah umat Islam di Inggris untuk pertama kalinya tahun ini mencapai lebih dari tiga juta orang, dua kali lipat dibanding satu dekade yang lalu.

Menurut data Badan Statistik Nasional negeri itu, saat ini ada 3.114.992 Muslim di Inggris. Lebih dari 1,5 juta di antaranya lahir di luar negeri. Jumlah Muslim saat ini mencakup 5,4 persen dari populasi Inggris dan Wales. Oleh karenanya, Islam merupakan agama terbesar kedua di sana.

Satu dari empat umat Islam itu berusia di bawah 10 tahun, menandakan tingginya angka kelahiran di kalangan Muslim Inggris.

Pada tahun 1991, jumlah Muslim di Inggris hanya 950.000, hanya 1,9 persen dari populasi.

Saat ini di beberapa bagian di London, hampir setengah populasinya adalah warga Muslim. Jika tren ini terus berlanjut, wilayah itu akan menjadi mayoritas Muslim di masa depan.

Berdasarkan data statistik terbaru, Muslim sekarang mencakup satu dari setiap 20 orang di Inggris.

Populasi umat Islam diperkirakan akan meningkat seiring gelombang pengungsi besar menuju Eropa dari Timur Tengah dan Afrika Utara yang dilanda konflik.

Ada 5.095 permohonan suaka di Inggris pada Oktober 2015, satu dari sepuluh di antaranya berasal dari Suriah.(L/R04/R03/mirajnews)

Pembaca (60)