Dari Film Pendek ke Sinema, Begini Cara Inez Ayu Berdakwah Lewat Akting

97820161209_174043

 

Bagi pecinta film pendek bergenre pop religi Islami di akun youtubepasti kenal dengan aktris pendatang baru Inez Ayu. Muslimah berpakaian syari ini dikenal dengan panggilan ‘ukhty Sally’, lewat film pendeknya yang booming di youtube tahun 2015, yang berjudul Assalamualaikum Sally garapan Film Maker Muslim. Ya, talent muslimah ini turut membintangi berbagai film pendek bernuansa Islami yang alur ceritanya lekat dengan pengalaman hidup remaja muslim.

Inez Ayuningtyas muslimah kelahiran Bekasi, 3 Desember 1994 ini mengawali karir di dunia akting pada tahun 2015. Saat diwawancarai oleh gomuslim di sela-sela kesibukannya Inez, begitu ia akrab disapa, mengaku tidak pernah punya pengalaman di dunia akting maupun teater. Sejak dulu ia memang menyukai seni peran teater, namun kesempatan untuk tampil belum pernah ada. Sampai di tahun 2015 silam mimpinya menjadi kenyataan.

img-20161211-wa0000

 

Terjun ke Dunia Akting

Wanita yang hobi nonton film ini mengaku terjun ke dunia akting berawal saat ia mendaftar casting sebagai talent untuk film pendek Film Maker Muslim berjudul Assalamualaikum Sally yang bekerja sama dengan brand hijab Sally Heart.

“Aku ngak nyangka bisa terpilih menjadi karakter Sally, karena gaya berbusana ku saat itu belum syari, sedangkan karakter Sally adalah seorang muslimah yang berbusana syari. Padahal peserta casting yang lain banyak yang berpakaian syari, tapi malah aku yang terpilih,” cerita Inez.

Selain itu Inez, juga mengaku tidak bisa berakting dan semua aktingnya dipelajari secara otodidak.

“Alhamdulillah, Allah membukakan jalan untuk ku setelah sekain lama hanya bisa bermimpi menjadi pemain film, sekarang mimpi itu bisa menjadi kenyataan,” ujarnya.

 

Menjadi Haura di ‘Mengejar Halal’

Setelah sukses membintangi tiga film pendek di youtube, yakni Assalamualaikum Sally, Ketika Hati Harus Memilih, dan Ramadhan Cantik. Wanita yang dijuluki dengan wajah comical oleh kru Film Maker Muslim ini akan memainkan peran di layar lebar awal tahun 2017 mendatang dengan film terbaru Filmmaker Muslim yang berjudul Mengejar Halal.

“Di film ini aku akan berperan sebagai Haura yang karakternya agak berbeda dengan Sally yang lembut. Menjadi Haura adalah tantangan besar karena dituntut untuk memerankan berbagai emosi, mulai dari luapan emosi bahagia, galau, marah, stres, frustasi, bahagia lagi, galau lagi. Ritme emosinya harus benar-benar dijaga,” ungkapnya.

Film Mengejar Halal mempertemukan Inez dengan pemain senior seperti Ressa Rere dan Ryan Qori, ia merasa sangat senang karena bisa beradu akting dengan Rere.

“Kak Rere sangat dewasa dan banyak mengajariku mengontrol emosi, kita sama-sama saling support,” katanya.

Inez mengaku kalau akting Ryan Qori sangat powerfull, “Apalagi saat akting marah. Emosi kemarahannya benar-benar menggebu bahkan bisa membuat ku nangis beneran,” ujarnya sambil tersenyum.

img-20161211-wa0001

Tantangan Short Movie dan Cinemas

Berperan di film pendek dan layar lebar dirasanya sangat berbeda. Penggemar traveling ini mengatakan kalau bermain di film pendek lebih santai dibandingkan bermain di layar lebar, yang membutuhkan energi ekstra karena durasi syutingnya yang cukup lama.

“Peran Haura di film ini lebih banyak, jadi aku lebih lama berakting. Sampai pada suatu ketika aku sakit flu dan suaranya berdengung, tapi kru ngak kehilangan akal, mereka berupaya penuh menyembuhkan ku, dan Alhamdulillah sembuh lebih cepat berkat bantuan mereka,” pungkasnya sambil tertawa ringan.

Pesan di Balik Mengejar Halal

Saat ini banyak remaja muslim yang masih sendiri sering dilanda kegalauan akan mencari jodoh dan menikah muda, namun di film ini penonton dapat mengambil hikmah dari kisah perjalanan Haura dalam Mengejar Halal.

Memantaskan diri adalah langkah terbaik yang dapat dijalankan sebelum memutuskan menikah. Banyak hal positif yang dapat dilakukan, seperti menggali potensi diri dan memperdalam ilmu agama.

“Film ini juga menjadi pemacu diriku sendiri untuk terus belajar istiqomah dan diharapkan dapat menginsprasi banyak orang terutama remaja muslim, karena pesan yang terkandungnya sangat ngena banget untuk dijadikan muhasabah diri,” tutup Inez mengakhiri wawancara sore itu. (nat)//gomuslim

Pembaca (134)

Outbound

Outbound