Beranda Dakwah Qur'an Ahlul Qur`an Keluarga Allah

Ahlul Qur`an Keluarga Allah

43
0

 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَهْلُ الْقُرْآنِ أَهْلُ اللهِ وَ خَاصَتُهُ-ابن ماجة

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,”Ahlul Qur`an adalah keluarga Allah dan orang khusus-Nya.” (Ibnu Majah)

Maknanya, bahwa penghafal Al Qur`an yang sekaligus menjadi pengamalnya, mereka adalah para wali Allah yang merupakan orang-orang yang khusus bagi Allah. Allah menyebut Al Qur`an dengan sifat demikian untuk memberikan kemuliyaan kepada mereka sebagaimana Allah menyebut Baitullah.

Bukanlah termasuk dalam sebutan itu, kecuali mereka yang suci dari dosa-dosa, baik dhahir maupun batinnya dan menghiasi dirinya dengan ketakwaan. (lihat, Faidh Al Qadir, 3/67)

Pahala Menunggu Shalat di Masjid Mengalir Seperti ketika Shalat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ كَانَ فِى الْمَسْجِدِ يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ فَهُوَ فِى الصَّلَاةِ مَا لَمْ يُحْدِثْ-ابن حبان

Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,”Barang siapa (berada) di dalam masjid menunggu shalat, maka ia dalam keadaan shalat selama tidak berhadats. (Riwayat Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Imam As Suyuthi)

Yakni, apabilah seseorang berada di dalam masjid dalam rangka menunggu shalat, maka ia memperoleh pahala sebagaimana orang melakukan shalat, selama tidak berhadats. (lihat, Faidh Al Qadir, 6/207)//hidayatullah

Pembaca (97)