9 Cara Agar Tidak Mudah Tersinggung

9 Cara Agar Tidak Mudah Tersinggung

Hidup di zaman sekarang yang serba terbuka memang tidak bisa lepas dari kritikan. Apalagi jika Anda orang yang terkenal atau cukup punya nama, pasti ada saja yang namanya fans ataupun haters. Tak hanya kritikan dari segi fisik, kadang sikap Anda juga tidak lepas dari komentar orang.

Sebenarnya masukan atau kritik juga dibutuhkan untuk perbaikan diri sendiri. Namun ada kalanya Anda merasa tersinggung, bahkan sakit hati menghadapinya. Apalagi jika saat itu Anda sedang sensitif atau mood tidak bagus.

Untuk membantu Anda agar tidak mudah tersinggung terhadap tindakan atau perkataan pedas orang lain, berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan.

1. Berpikir Positif Terhadap Tindakan Orang Lain

Hal yang umum terjadi pada seseorang adalah mudah berprasangka. Sehingga agar tidak mudah tesinggung jangan mudah berasumsi negatif terhadap tindakan atau perkataan orang lain. Terkadang ada beberapa orang yang ceroboh, belum tahu kebenarannya tapi emosi yang didahulukan.

Jadi solusinya adalah selalu berpikir positif terhadap orang lain. Upayakan untuk selalu berpikir jernih dan memikirkan kembali maksud di balik perkataan atau perbuatan orang tersebut.

Tanamkan juga bahwa sebagian dari perkataan orang lain itu tidak tentu mewakili sikapnya secara keseluruhan.

2. Kendalikan Emosi

Mudah tersinggung berkaitan erat dengan luapan emosi diri. Jadi, agar tidak mudah tersinggung maka Anda haruslah pintar-pintar mengendalikan dan meredam emosi agar tidak meluap. Hal ini juga dapat membuat Anda tidak mudah terpancing keributan.

Memang pada awalnya akan terasa sulit untuk mengendalikan emosi diri namun ada banyak cara untuk mengendalikan emosi. Salah satunya adalah dengan mengalihkan ke hal yang lebih positif, seperti misalnya olahraga atau melakukan hobi.

Cara lain adalah dengan mengedepankan logika seperti yang akan dibahas pada poin berikutnya.

3. Kedepankan Logika

Gampang tersinggung adalah masalah perasaan. Cara yang paling baik untuk menguranginya tentu adalah mengedepankan logika. Mengasah logika agar lebih tajam dapat menerjang emosi dan mengurangi ketersinggugan.

Selain itu, kritikan atau hal apa pun itu adalah jalan menuju pendewasaan diri. Akan lebih baik jika mengakui hal yang memang kesalahan Anda. Bukannya malah defensif atau menghindar.

Perlu diingat bahwasanya kebenaran itu lebih penting dari dianggap benar. Jadi jika memang apa yang dikatakan orang lain itu memang benar dan perbuatan kita salah, maka jangan tersinggung.

Selain itu, dengan mengedepankan logika, Anda juga akan terhindar dari tindakan yang negatif, misalnya marah-marah. Pikirkan orang yang akan terkena imbas amarah Anda dan malah tersinggung juga dengan sikap yang Anda lakukan tersebut.

4. Jangan Ambil Pusing

Menanamkan ke dalam pirkiran bahwa tidak hanya Anda yang menerima sindiran atau kritikan dari orang lain adalah salah satu cara agar tidak mudah tersinggung dan terhindar dari kesedihan. Hampir semua orang juga mengalaminya, bahkan orang yang menurut kita nyaris sempurna.

Orang yang saat ini sukses ataupun motivator, pasti juga merasakan pahitnya kritikan, bahkan cemoohan yang menyinggung pikiran. Jadi tidak usah diambil pusing karena masih banyak hal lain yang perlu dipikirkan. Alihkan pikiran pada hal yang lebih positif dan buat kesibukan lain.

5. Ubah Sudut Pandang

Mengubah sudut pandang terhadap kritikan dapat dengan mudah dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan tadi, menanamkan bahwa orang besar yang sukses banyak melalui kegagalan dan kepahitan yang tidak hanya satu atau dua kali.

Tetaplah bertahan dengan apa yang Anda lakukan jika itu memang benar dan sesuai dengan tujuan Anda. Meskipun banyak orang yang menyerang kelemahan dan kesalahan yang Anda perbuat, selama itu baik, maka acuhkan saja.

6. Berlatih Membaca Orang

Ada kalanya orang yang membuat kita tersinggung justru orang yang lebih dekat dengan kita. Bisa keluarga, teman ataupun rekan kerja. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mampu memahami karakter orang lain di sekitar Anda.

Ada banyak buku yang dapat membantu kita untuk bisa membaca orang atau memahami karakter orang lain. Dengan memahami karakter mereka maka tentu saja Anda akan tahu mengapa mereka berucap atau bertindak demikian.

Jika sudah begitu, maka Anda tidak akan terlalu ambil pusing dan tidak menyakiti diri sendiri dengan ketersinggungan. Anda akan tahu mana kritik yang memang merupakan saran atau ucapan yang hanya candaan saja.

Selain itu, dengan berusaha memahami karakter orang lain, bukan tidak mungkin jika orang lain juga akan berusaha memahami Anda. Maka dengan begitu orang tersebut juga dapat memilah mana yang bisa diucapkan pada Anda dan mana yang tidak.

7. Kurangi Stres

Salah satu cara agar tidak mudah tersinggung adalah dengan mengurangi stres. Percaya atau tidak, stres dapat membuat emosi menjadi tidak stabil dan perasaan lebih sensitif. Sehingga bisa jadi ucapan yang biasa saja jatuhnya menjadi kritikan yang nyelekit di hati.

Mengurangi stres juga dapat membuat seseorang  bergerak dengan cepat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Begitu jatuh, maka ia akan beranjak, merencanakan dan menjalani hal yang lebih baik menuju tujuan.

8. Menjadi Pribadi yang Rendah Hati

Tanamkan juga pada diri sendiri bahwa tidak ada satu orang pun manusia yang sempurna di dunia ini. Sudah pasti bahwa setiap orang memiliki kekurangan di beberapa sisi. Dengan begitu Anda akan jarang tersinggung dan pikiran menjadi lebih tenang.

Selain itu, tingkatkan kesabaran dan perluas hati Anda. Dengan hati yang lapang dan ikhlas kita akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi berbagai ujian. Mungkin terdengar klise, tapi hal ini akan membuat Anda lebih fokus dalam melakukan hal lain karena tidak terpenjara dengan perasaan negatif terus menerus.

Memelihara hati yang sempit hanya akan membuat diri sulit menerima banyak hal yang tidak disukai atau tidak sesuai keinginan. Padahal siapa tahu apa yang tidak Anda sukai justru adalah hal yang terbaik untuk Anda bukan?

9. Cari Bantuan

Jika memang Anda sudah berusaha melakukan segala upaya tapi masih saja menjadi sosok yang sensitif atau mudah ngambekan, maka tidak ada salahnya untuk mencari bantuan. Anda dapat melakukan konseling atau sekedar curhat pada orang yang dapat dipercaya.

Menceritakan hal pada orang yang sudah mengenal Anda dapat membuat mereka memberikan saran atau bantuan yang memang lebih tepat sasaran. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi ahli seperti psikolog.

Bantuan yang lain adalah dengan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Memperbaiki hubungan dengan Tuhan dapat membuat Tuhan memperbaiki hubungan Anda dengan manusia.

Bisa jadi ketidaktenangan hati Anda selama ini adalah karena Anda sudah abai dan jauh dari Tuhan. Ketika berdoa, mintalah agar diberi kesabaran, kelapangan hati dan kejernihan pikiran. Jauh dari prasangka dan juga pikiran negatif.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa cara agar tidak mudah tersinggung dengan perkataan atau perbuatan orang lain. Pada dasarnya mengubah mindset menjadi lebih positif adalah kuncinya.

Peliharalah perasaan tenang dan positif agar Anda lebih mudah menjalani hidup ini karena sesungguhnya akan ada banyak kerugian jika Anda memelihara sifat yang mudah tersinggung. Semoga berhasil!//tipspengembangandiri.com

Pembaca (3)