4 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Menjadi Salihah

cara-mendidik-anak-perempuan-2

 

Memiliki anak merupakan anugerah yang sudah sepatutnya kita jaga dengan penuh pertanggungjawaban kepada Allah. Tak hanya sekadar menyekolahkannya ataupun memberi makan mereka, namun kita memiliki kewajiban untuk mendidik mereka dengan ilmu yang baik dan benar agar kelak mereka tumbuh menjadi anak yang salihah. Nah bicara tentang anak, masih banyak di sekitar kita yang menyemaratakan metode mendidik antara anak laki-laki dan perempuan. Padahal, alangkah baiknya jika kita mendidik anak sesuai dengan gender mereka. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara mendidik anak perempuan agar bisa tumbuh menjadi anak yang salihah. Susah? Eits, tenang dulu, mungkin memang susah tapi yakin ada Allah yang memudahkan dan membantu. Let’s check it one out!

1. Menanamkan Pemahaman bahwa Menjadi Perempuan adalah Istimewa dengan Segala Hak dan Kewajibannya

Barangkali anak-anak kita pernah berpikir bahwa menjadi anak perempuan itu ribet. Kok gitu? Ia harus pakai kerudung setiap kali mau keluar rumah, enggak boleh pergi tanpa muhrim kalau jauh-jauh, dan berbagai hal lainnya. Nah, inilah tugas kita untuk menanamkan pemahaman kepada mereka bahwa menjadi perempuan itu istimewa. Meskipun mungkin mulanya mereka merasa rumit dengan segala kewajiban yang ada, tapi, yuk, yakinkan kepada mereka bahwa toh semua kewajiban yang Allah bebankan pasti mengandung kebaikan. Sebagai contoh, jika mereka bertanya “Buat apa sih pakai kerudung?” Katakan saja kepada mereka karena Allah memerintahkan untuk memakainya dan banyak sekali hikmah yang dapat kita peroleh dari memakai kerudung, satu diantaranya dapat terhindar dari berbagai penyakit kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Dengan demikian, anak akan mudah menerima hal tersebut karena ada keuntungan baginya.

2. Mengajarkan Akhlak dan Adab Selaku Muslimah Sejak Dini

Cara mendidik anak perempuan yang selanjutnya ialah sejak dini ajarkanlah kepada anak perempuan kita untuk berakhlak dan beradab seperti muslimah, tentu saja anak kita butuh sosok real dalam kehidupan sebagai teladan. Nah, teladan nyata bagi mereka adalah ibunya, guru di sekolah, dan orang-orang di sekitar mereka. Ajarkan bahwa muslimah itu sudah selayaknya memiliki sikap lemah lembut namun tegas, ramah, dan berwibawa. Tak lupa untuk menamkan rasa malu dalam diri seorang perempuan itu juga penting, yakni malu untuk berbuat maksiat, malu untuk berlaku berlebihan, dan lain sebagainya. Sebagai muslimah, terapkan pula kepada mereka bahwa mereka harus senantiasa menjaga diri dimanapun mereka berada.

3. Mendidik Sesuai dengan Perkembangan Usia Anak Perempuan Kita adalah Cara Mendidik Anak Perempuan yang Tidak Boleh Luput

Didiklah anak dengan ilmu yang tepat. Wah.. ini nih cara mendidik anak perempuan yang tak boleh luput. Sejak usia dini terapkan kepada mereka tentang adab-adab yang bisa mereka terapkan selaku muslimah, ajarkan berbagai doa dan ilmu agama, tentunya disesuaikan dengan usianya, ya! Sebab ini akan mengakar dalam kepribadian mereka nantinya hingga dewasa. Nah, ketika anak perempuan kita beranjak dewasa, jangan lupa nih ajarkan seputar haid dan berbagai perubahan fisik yang akan mereka alami agar mereka tidak kaget dan bingung dengan hal demikian. Sebagai contoh, ajarkan anak kita untuk bagaimana meng-handle mood ketika haid datang, karena biasanya mood perempuan suka tidak terlalu baik. Kemudian, mengajarkan bagaimana cara membersihkan darah haid, tata cara mandi setelah haid, dsb. Terlihat sepele, ya? Tapi ini penting.. Bayangkan jika karena ketidaktahuan anak kita mengenai perihal ini, mereka membuang pembalut bekas haid sembarangan, atau mandi setelah haid dengan tidak sesuai tata caranya. Nah lo… Padahal setelah haid mereka sudah terhitung baligh. Tak hanya seputar haid, namun banyak ilmu lainnya juga. Ilmu-ilmu seperti ini benar-benar tidak boleh luput untuk kita ajarkan kepada anak perempuan kita, ya!

4. Ketika Anak Perempuan Kita Mulai Tertarik dengan Lawan Jenis, Jangan Dilarang Namun Diarahkan

Tidak perlu dimarahi atau dilarang ketika anak perempuan kita mulai mengenal perasaan cinta kepada lawan jenis, sebab ini merupakan hal wajar yang pasti dialami oleh setiap insan, hanya saja suatu keharusan bagi kita untuk menjaganya agar tetap sesuai dengan aturan yang ada. Caranya? Mulailah untuk menjadi sahabat anak kita. Dengan demikian, sang anak akan mudah menceritakan segala keluh kesah yang mereka alami dengan leluasa. Nah, jika sudah seperti itu, kita akan mudah mengarahkan anak kita untuk belajar menjaga tak hanya dirinya namun juga hatinya dengan bijaksana. Arahkan bahwa perasaan semacam itu ada baiknya dialihkan dulu dengan hal-hal yang jauh lebih bermanfaat lainnya, seperti fokus belajar dengan baik.

Inilah beberapa cara mendidik anak perempuan agar menjadi salehah, semoga kita semua bisa menjadi orang tua bijaksana yang dapat mendidik anak dengan baik, ya. Yuk, jangan lupa upgrade ilmu ya agar didikan kita sesuai dengan ilmu yang tepat. Tingkatkan juga kemampuan berkomunikasi kita terhadap anak yang mulai memasuki usia remaja agar anak mau terbuka dengan orang tuanya. Semangat!//abiummi.com/

Pembaca (25)

Outbound

Outbound