Beranda Materi Islami 17 Manfaat Memeluk Agama Islam dan Esensi Ajarannya yang Benar

17 Manfaat Memeluk Agama Islam dan Esensi Ajarannya yang Benar

49
0

 

Ajaran agama islam berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadist, sebagain pedoman hidup bagi manusia di muka bumi. Setiap perintah, setiap larangan memiliki makna yang sungguh luar biasa bagi keberlangsungan hidup manusia. Perintah dan larangan dari Allah memiliki dasar ilmiah yang kuat, sesuai dengan kajian hukum-hukum alam semesta ini.

Agama Islam di Dunia

Islam adalah agama yang besar populasi di dunia. Menurut religionpopulation, Islam adalah agama terbesar pada tahun 2014 mencapai kurang lebih 22 % dari sekitar 7 Miliar penduduk dunia. Di Indonesia sendiri Islam adalah agama yang paling banyak pemeluknya, dengan angka yang sangat sangat dominan yaitu sebesar 88 % dari sekitar 204 juta jiwa penduduknya. Indonesia juga menjadi Negara yang paling banyak jumlah penduduk dunia diantara negara islam lainnya.

Begitu banyak manfaat memeluk agama islam ini, sebagai pedoman hidup yang banar ini. Berikut manfaat pasti yang didapatkan jika utuh dalam menjalankan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin (Rahamat Bagi Alam Semesta) :

1. Melatih Berpikir Rasional

 

2. Memupuk Rasa Empati Sosial
3. Menumbuhkan Etos Kerja
4. Menambah Ilmu pengetahuan
5. Menyehatkan Jasmani
6. Melatih Kepedulian Terhadap Lingkungan
7. Memberi Ketenangan Jiwa
8. Memiliki Arah Hidup yang Jelas
9. Membangun Pribadi Unggul
10. Mendapat Keadilan
11. Membangun Kepribadian
12. Memupuk Rasa Saling Tolong-Menolong
13. Melatih Kesabaran
14. Terhindar dari Stress
15. Tentram Menjalani Hidup
16. Sukses Kehidupan Akhirat
17. Sumber Motivasi Terbesar

 

Begitu banyak manfaat Islam yang akan kita dapatkan. Karena islam bukanlah agama yang berasal dari buatan manusia melainkan adalah agama dari pencipta semesta Alam. Semoga kita bisa mendapatkan manfaat islam sepenuhnya, dan menjadi pribadi yang mendalami islam secara khafah.

Esensi Ajaran Agama Islam

Ajaran islam sendiri mengajarkan nilai-nilai yang sangat kompleks terkait hukum-hukum kehidupan manusia di dalam bermasyarakat. Aturan tentang ekonomi, politik, keluarga, budaya, kesehatan, pendidikan, Moral, Hukum, dan system-sistem kemasyarakatan yang lain termaktub jelas di dalam kandungan nilai-nilai Islam. Itu artinya islam sudah seperti sendi-sendi nilai bagi manusia dalam menjalankan kehidupannya di dalam masyarakat.

Dengan ajaran tauhidnya, islam mengajak manusia untuk mengabdi kepada Allah sebagai tuhan semesta alam, dengan menjadi manusia yang beriman, yang mengerjakan amal shaleh, mengatur hukum-hukum sosial yang baik, tidak berbuat aniaya terhadap manusia lain serta alam, sehingga selanjutnya akan di janjikan oleh Allah kehidupan yang layak di akhirat nanti dengan mendapatkan

Surga Allah yang merupakan kenikmatan terbesar yang jauh melebihi kenikmatan di dunia. Islam adalah konsepsi nilai yang lengkap untuk kehidupan bermasyarakat, bahkan ada yang menyebutkan bahwa konsepsi islam lebih dari hanya sekedar agama. Karena ada konsepsi nilai subtantif yang bisa di dapat berupa nilai-nilai keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.//manfaat.co.id/

Pembaca (43)