17 Manfaat Dan Keajaiban Melakukan Shalat Tahajud

wasapadai-ciri-ciri-wanita-yang-sholatnya-tidak-diterima-oleh-allah

 

17 Manfaat Dan Keajaiban Melakukan Shalat Tahajud – Sebagai umat muslim kita pastinya ingin banyak-banyak beramal dan berikhtiar kepada Allah SWT. Setiap umat berlomba dalam memenuhi keinginannya untuk dapat terus menerus mengingat Allah SWT sebagai pencipta seluruh alam semesta. Banyak cara untuk mendapat pahala yaitu dengan melakukan semua perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Salah satu yang di perintahkan oleh Allah SWT adalah melakukan shalat. Sebagai umat muslim kita di wajibkan melakukan shalat 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya. Tetapi ada beberapa shalat yang di anjurkan seperti shalat sunah. Shalat sunah pun bermacam-macam ada shalat wudhu, tahiyatul masjid, dhuha, rawatib, tahajud dan masih banyak lagi yang lain.

Shalat tahajud adalah shalat sunah yang di kerjakan pada waktu malam menjelang dini hari. Waktu yang di anjurkan dalam mengerjakan shalat tahajud adalah di sepertiga malam menjelang subuh yaitu berkisar jam 03.00 wib. Sebelum melakukan shalat tahajud ini di sarankan di lakukan setelah tertidur pulas dan bangun untuk mengerjakan shalat.

Manfaat Melakukan Shalat Tahajud

Mengerjakan shalat tahajud selain mendapatkan pahala, kita juga mendapat manfaat dan keajaiban dalam mengerjakan shalat tahajud yang akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Pikiran Menjadi Jauh Lebih Segar

Setelah bangun tidur pastinya kita mendapatkan pemikiran yang lebih jernih. Hal ini di karenakan dalam satu hari kita melakukan banyak sekali aktivitas seperti jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh dan paru-paru yang terus mengolah udara bersih dan mengeluarkan udara kotor. Maka dari itu setiap hari tubuh manusia memerlukan tidur sebagai waktu istirahat yang baik bagi tubuh. Dengan tidur seluruh organ akan beristirahat dan meringankan kerja organ yang ada. Dengan tidur sel-sel yang ada pada tubuh beregenerasi dan membuat pikiran kita menjadi lebih fresh kembali. Dari penjelasan di atas ketika kita bangun untuk mengerjakan shalat tahajud dengan tubuh fresh maka dalam mengerjakan shalat kita dapat lebih khusyu’ dan dapat lebih tenang setelah membaca ayat-ayat Al-Qur’an.

2. Di Kabulkannya Doa-Doa Yang Di Minta

Di kabulkannya doa-doa yang diminta adalah manfaat dari kita menjalankan shalat tahajud. Shalat tahajud di lakukan pada waktu sepertiga malam ketika menjelang subuh. Waktu ini adalah waktu Allah SWT mengabulkan permintaan kita semua. Hal ini di perkuat dengan adanya hadis sebagai berikut:

“Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh.” (Al-Hadis).

3. Allah Akan Mengangkat Derajat Kita Ke Tempat Yang Terpuji

Manfaat dalam mengerjakan shalat tahajud selanjutnya adalah Allah SWT akan mengangkat derajat kita ke tempat yang terpuji. Hal ini di perkuat dengan Surat Al-Isra’ ayat 79:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra [17]: 79).

Dan ada lagi hadis yang memperkuat dari ayat di atas:

“Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.” (Riwayat Ath-Thabrani).

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Shalat tahajud sebagai salah satu media yang di gunakan dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Keterangan ini di sebutkan dalam hadis:

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Dan ada hadis lain yang menerangkan sebagai berikut:

“Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain”.(Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

5. Memperoleh Berbagai Kemudahan

Memperoleh kemudahan ini di perjelas dalam hadis Rasulullah SAW:

“Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Menghilangkan Penyakit

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan penyakit. System yang ada di dalam tubuh ini akan berpengaruh ketika kita beribadah sepertisalah satunya yaitu dapat meningkatnya kekebalan tubuh dan menghilangkan penyakit yang diderita. Penelitian ini pernah di lakukan dan masih terus di lakukan.

7. Menjauhkan Diri Dari Kelalaian Hati

Manfaat selanjutnya adalah dapat menjauhkan diri dari kelalaian hati. Penjelasan lebih lengkap dapat di temukan dalam hadis:

“Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.” (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

8. Menang Dalam Jihad Melawan Musuh

Manfaat dari shalat tahajud yang selanjutnya adalah memenangkan dalam jihad ketika melawan musuh. Hawa nafsu adalah musuh yang paling besar dalam diri manusia. Untuk sebagian orang memang sangat berat karena waktunya malam menjelang subuh di mana kita sedang tertidur pulas. Maka dari itu apa bila orang bangun dan melakukan shalat tahajud telah berhasil dalam melawan hawa nafsu dan godaan untuk beribadah kepada Allah SWT.

9. Meringankan Lamanya Berdiri Pada Hari Kiamat

Meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat adalah manfaat selanjutnya dari shalat tahajud. Hal ini diungkapkan Ibnu Abbas ra:

“Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

10. Mencegah Perbuatan Dosa Dan Menghapus Kejahatan

Manfaat selanjutnya adalah dapat mencegah kita dalam melakukan perbuatan dosa dan dapat menghapus kejahatan. Hal ini di tegaskan dalam sabda Rasulallah SAW:

“Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim).

11. Muka Tampak Berkilau Dan Bercahaya

Manfaat ini di perkuat dengan adanya pertanyaan dari seseorang kepada Hasan Al-Basri ra, seseorang itu bertanya, “Mengapa orang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?”. Hasan Basri menjawab:

“Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

12. Membesarkan Rongga Paru-paru

Manfaat shalat tahajud selanjutnya adalah dapat membesarkan rongga paru-paru. Manfaat gerakan shalat dapat memberi dampak positif bagi tubuh kita. Gerakan-gerakan dalam shalat dapat membuka organ paru-paru yang berguna untuk dapat melancarkan aliran udara ke paru-paru. Kerap setiap kita selesai shalat merasakan paru-paru kita menjadi lapang dari sebelumnya.

13. Dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaat selanjutnya adalah melancarkan aliran darah yang ada di dalam tubuh. Bangun malam dini hari dapat melancarkan aliran darah. Karena udara yang ada pada waktu tersebut sangat segar dan baik untuk meregangkan otot dan tubuh sehingga aliran darah akan lancer.

14. Jaminan Masuk Surga

Manfaat dalam menjalankan shalat tahajud ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

15. Dicintai Allah SWT

Manfaat selanjutnya adalah memperoleh cinta Allah SWT. Memilih bangun di malam hari untuk melakukan shalat tahjud daripada tidur sangatlah disukai oleh Allah SWT. Semua doa yang di panjatkan kepada Allah SWT akan mudah di kabulkan.

16. Penyelamat Dari Siksa Neraka

Menyelamatkan diri dari siksa api neraka adalah manfaat lain dari shalat tahajud. Ketika ada seseorang bermimpi lalu ia menceritakan mimpinya kepada Rasulullah SAW. Dia menceritakan mimpinya:

“Aku adalah seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasululullah Saw, maka aku bermimpi seakan-akan dua malaikat mengambilku dan membawaku ke neraka, ternyata ia adalah bangunan seperti bangunan sumur. Ia memiliki dua palang seperti palang sumur. Di dalamnya terdapat manusia yang telah aku kenal. Maka aku mulai mengucapkan, ‘Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka’. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku,’Janganlah takut!’ (Mimpi ini) aku ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan beliau bersabda, “Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam.”Salim berkata, ‘setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar.” (HR Bukhari dan Muslim).

17. Penyebab Husnul Khatimah

Meraih husnul khatimah ketika ajal menjelang adalah manfaat dari shalat tahajud yang selanjutnya. Kita meyakini bahwa semua yang bernyawa pasti akan meninggal dan berpisah dari kehidupan yang ada di dunia ini menuju dunia yang kekal yaitu dunia akhirat. Shalat tahajud sangat bermanfaat yang diantaranya dapat membantu orang tersebut untuk dapat mencapai husnul khatimah ketika ajal menjemput.

Demikian penjelasan mengenai 17 Manfaat Dan Keajaiban Melakukan Shalat Tahajud Terlengkap kurang lebihnya kita mohon maaf. Kita sebagai umat muslim harus terus berlomba dalam mencari kebaikan dan pahala untuk mendapat kemuliaan di hadapan Allah SWT. Semoga bermanfaat ?//seputarpengetahuan.com/

Pembaca (138)

Outbound

Outbound