12 Cara Elegan Menjadi Orang yang Tidak Membosankan

12 Cara Elegan Menjadi Orang yang Tidak Membosankan

Menjadi pribadi yang disukai dalam pergaulan tentu merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, terkadang apa yang menurut Anda sudah benar dilakukan, masih dianggap menyebalkan oleh orang lain.

Alhasil Anda pun bertanya-tanya, apa yang salah dengan diri sendiri. Padahal Anda sudah berusaha memberikan yang terbaik dan menurut Anda sudah menyenangkan.

Lantas apa yang harus Anda perbaiki? Jika tidak tahu sama sekali, jangan khawatir.

Untuk membantu Anda menjadi orang yang tidak membosankan, berikut 12 cara elegan yang perlu Anda lakukan.

1. Ucapkan 3 kata sederhana ini

Tahukah Anda, 3 kata ini meski sederhana tetapi jika diucapkan di saat yang tepat akan sangat besar artinya. Tiga kata tersebut adalah Maaf, Terima kasih, dan Tolong.

Jangan lupa untuk mengucapkan kata-kata tersebut ketika Anda melakukan kesalahan, saat Anda ditolong seseorang, dan ketika Anda butuh bantuan.

Dengan kata-kata sederhana ini secara tidak langsung Anda akan dianggap sebagai pribadi yang sopan dan selalu menghargai orang lain.

Cara berkomunikasi Anda menunjukkan kecerdasan sosial yang Anda miliki. Jadi, usahakan untuk menjaga komunikasi dan tutur kata Anda, agar Anda tidak dianggap sebagai orang yang membosankan.

2. Jadilah pendengar yang baik

Ketika Anda sedang berbicara dengan seseorang, jadilah pendengar yang baik. Tunjukkan minat kepada topik yang sedang dibicarakan dan berikan respons yang menunjukkan ketertarikan Anda.

Pasang wajah antusias dengan senyuman dan perhatikan mata lawan bicara Anda. Sesekali berikan pertanyaan-pertanyaan terkait topik sehingga lawan bicara tahu bahwa Anda sedang memperhatikannya.

Hindari sikap acuh atau bosan karena lawan bicara akan segan meneruskan. Hindari juga memotong pembicaraan, dengarkan dahulu apa yang disampaikan tanpa memotongnya.

Jangan pernah memberikan nasihat atau saran jika tidak diminta. Bisa saja lawan bicara hanya ingin didengarkan, dan masukan atau saran Anda justru membuatnya tersinggung. Masuk akal, bukan?

3. Berani berkenalan dengan orang baru

Menjadi orang yang tidak membosankan bisa Anda lakukan dengan memperluas pergaulan. Mungkin selama ini Anda membosankan karena lingkup pergaulan di situ-situ saja. Anda hanya memiliki teman yang terbatas sehingga wawasan Anda terbatas pula.

Karenanya, cobalah untuk berani berkenalan dengan orang-orang baru (yang positif tentunya). Memiliki teman-teman baru akan membuat Anda memiliki pemikiran yang lebih luas, topik pembicaraan yang bervariasi serta hidup yang lebih menarik.

Seseorang yang punya pergaulan luas, pasti akan menikmati hidup. Sehingga otomatis menjadi orang yang menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Senang mencoba banyak hal baru

Lihat sekitar Anda dan temukan hal-hal baru yang positif untuk dicoba. Misalnya mencoba resep masakan baru, potongan rambut baru, mengikuti kursus-kursus yang belum pernah dicoba, menjelajah ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi dan sebagainya.

Orang yang senang mencoba banyak hal baru akan terlihat energik dan tidak membosankan. Anda pun akan dianggap sebagai orang yang asyik, cerdas, dan menyenangkan karena bisa menemukan peluang untuk meningkatkan kemampuan diri.

5. Hindari topik pembicaraan yang berat di saat santai

Ketika berbicara santai dengan teman atau sahabat, hindari topik pembicaraan yang berat seperti tentang pekerjaan, tentang masalah keluarga dan sebagainya. Topik demikian sungguh membosankan dan seharusnya dibicarakan dengan serius.

Anda harus tahu, kapan waktunya bersenang-senang dan kapan waktunya harus berbicara dengan serius. Jika Anda minim topik pembicaraan dan hanya berbicara tentang rutinitas, Anda termasuk dalam orang yang membosankan.

Lalu bagaimana jika di tengah-tengah pembicaraan, Anda kehabisan ide? Berikut beberapa ide yang bisa menjadi topik pembicaraan:

  • Aktivitas menyenangkan atau aktivitas terakhir yang dilakukan
  • Makanan yang sedang hits dan disukai banyak orang
  • Hobi yang menarik
  • Musik yang sedang trend
  • Pria atau wanita yang sedang disukai

6. Selalu menyapa dengan menyebutkan nama

Saat ini menyebut seseorang dengan panggilan “sis” atau “bro” adalah hal yang biasa. Namun Anda harus ingat, setiap orang senang dipanggil dengan embel-embel nama.

Menyapa seseorang dengan menyebutkan nama akan membuat orang tersebut merasa dihargai dan dekat dengan lawan bicara. Anda boleh saja menyapa orang dengan panggilan umum, namun jangan lupa untuk menambah nama mereka di belakangnya.

Membuat orang lain merasa penting dan dihargai akan membuat Anda dikenal sebagai pribadi yang tidak membosankan.

7. Perbanyak pengetahuan dengan membaca

Salah satu kunci menjadi orang yang menyenangkan adalah berwawasan luas. Ketika Anda berbaur dengan suatu lingkungan, Anda harus mampu memahami dan mengikuti alur pembicaraan. Cara agar Anda memiliki wawasan yang luas adalah dengan banyak membaca.

Temukan informasi-informasi yang bisa dijadikan topik pembicaraan atau yang bisa membantu Anda dalam berkomunikasi dengan lingkungan. Semakin luas dan bervariasi topik pembicaraan, Anda tidak akan dianggap membosankan.

8. Miliki selera humor

Siapa sih orang yang tidak suka jika berdekatan dengan orang yang senang bercanda? Bersama mereka yang senang bercanda ini, hidup tidak akan membosankan dan terhindar dari stress.

Memiliki selera humor adalah cara tepat agar Anda tidak menjadi orang yang membosankan. Namun Anda harus tahu kapan bisa meletakkan humor tersebut dalam pembicaraan dan kapan Anda harus menahannya.

Humor bisa mencairkan suasana yang kaku dan membosankan. Membuat orang lain tertawa terbahak-bahak tentu adalah hal yang menyenangkan.

Namun humor pun bisa membuat Anda di cap sebagai pribadi yang tidak serius dan tidak bertanggung jawab jika salah penempatannya. Oleh karena itu, pelajari kapan Anda bisa melontarkan candaan dan kapan harus menahan diri.

Aturan Praktis Bercanda

Bercanda itu ada aturannya agar teman-teman Anda tidak tersinggung. Begini aturannya:

  • Cari topik yang pas. Jika ingin bercanda, carilah topik yang pas. Hindari topik tentang kepribadian atau postur seseorang. Karena Anda tidak akan dianggap bercanda tetapi mengejek.
  • Sesuaikan dengan situasi. Jangan bercanda dalam situasi yang gawat atau membutuhkan konsentrasi. Anda akan dianggap sebagai orang yang aneh atau justru pengganggu.
  • Perhatikan mood orang lain. Boleh-boleh saja bercanda jika mood orang lain sedang bagus. Hindari bercanda ketika orang lain sedang marah atau kecewa. Mereka tidak akan tertawa tetapi justru menjauhi Anda.
  • Perhatikan usia seseorang. Mengajak bercanda ada batasnya, perhatikan dahulu rentang usia seseorang dengan Anda. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, Anda akan dianggap tidak sopan, konyol dan kekanak-kanakan.
  • Jangan terlalu banyak bercanda. Bercanda pun harus cerdas. Jangan terlalu banyak bercanda karena Anda akan disebut sebagai orang yang tidak pernah serius. Anda juga tidak akan terlihat berwibawa atau disegani orang lain.

9. Tidak pilih-pilih teman

Sebaiknya dalam bergaul Anda tidak pilih-pilih teman. Asalkan teman tersebut membawa dampak yang baik dan positif, tidak seharusnya Anda menjauh. Jangan memilih teman berdasarkan kekayaan, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya.

Belajarlah bergaul dengan siapa saja tanpa pilih-pilih. Memang tidak semua orang berkelakuan baik, ada yang baik tetapi memiliki niat tertentu. Anda pasti bisa membedakannya jika Anda mudah bergaul dengan siapa saja.

Percayalah, orang yang baik akan dikelilingi teman-teman yang baik pula. Demikian juga dengan Anda. Tidak pilih-pilih teman akan menjadikan Anda orang yang menyenangkan sekaligus tidak membosankan.

Oh iya, merasa diri punya sifat sombong? Pelajari cara mengatasinya di artikel 8 Cara Jitu Menghilangkan Sifat Sombong.

10. Selalu berpikir positif

Sedikit-sedikit mengeluh, merasa diri sebagai korban, dan menganggap orang lain hanya memanfaatkan adalah pikiran-pikiran seseorang berkepribadian negatif.

Usahakan untuk mampu berpikir positif dalam segala hal sehingga orang lain pun merasa senang di dekat Anda. Orang yang selalu berpikir positif mampu melihat peluang dalam setiap masalah dan menganggap hidup ini menyenangkan untuk dijalani.

Orang yang berpikiran positif pun dapat terhindar dari stres karena mampu membahagiakan dirinya sendiri. Tidak ada masalah tanpa jalan keluar, tidak ada kesulitan yang tidak mampu diatasi adalah ciri-ciri orang yang berpikiran positif.

Jadi, jika Anda ingin menjadi orang yang menyenangkan, belajarlah untuk selalu berpikiran positif dalam setiap hal yang Anda hadapi.

11. Murah senyum

Cara lain menjadi orang yang tidak membosankan adalah murah senyum. Kelihatannya sederhana, bukan? Namun Anda tidak akan mudah tersenyum jika hati Anda penuh kekhawatiran dan kekecewaan.

Orang yang murah senyum masih terkait dengan pribadi yang positif. Dia mampu membahagiakan dirinya sendiri tanpa menuntut orang lain membahagiakannya. Sehingga kebahagiaan itu terpancar keluar dan membuatnya mampu tersenyum.

Murah senyum ini bukan berarti senyum-senyum tanpa sebab. Murah senyum bisa diartikan sebagai orang yang ramah. Anda selalu tersenyum kepada setiap orang yang Anda temui dengan senyum yang tulus dari hati. Anda juga ramah dan mudah menyapa setiap orang yang Anda kenal.

Jika Anda memiliki pribadi seperti ini, siapa pun pasti senang bergaul dengan orang yang baik dan ramah seperti Anda.

12. Tidak menggunakan kata-kata yang menyakitkan

Bayangkan jika Anda memiliki teman yang sinis dan suka menyindir. Anda pasti malas berdekatan dengannya karena membosankan dan menyebalkan. Beda dengan teman yang selalu menjaga kata-kata, sopan dan menghargai orang lain.

Karenanya, perbaiki kualitas ucapan Anda. Jaga jangan sampai Anda menggunakan kata-kata yang menyakiti hati orang lain, menyindir atau sinis. Sebisa mungkin gunakan kata-kata positif yang membangkitkan semangat dan dorongan.

Secantik atau setampan apapun Anda, jika tidak bisa menjaga kata-kata dari ucapan yang menyakitkan hati orang lain, tidak akan ada orang yang mau bergaul dengan Anda. Jadilah orang yang menyenangkan dalam pergaulan dan memiliki kata-kata yang menyejukkan hati.

Penutup

Demikianlah 12 cara menjadi orang yang tidak membosankan. Memang tidak mudah, namun bisa dipelajari jika Anda mau melakukannya.

Tingkatkan terus wawasan Anda dan perluas pergaulan. Orang yang berwawasan luas dan pandai bergaul pasti memiliki topik pembicaraan yang tidak monoton dan bervariasi. Dan yang pasti, dia juga pandai membawa diri sehingga orang lain menganggapnya sebagai pribadi yang menyenangkan.//tipspengembangandiri.com

Pembaca (3)