Beranda Training Komunikasi 10 Manfaat Komunikasi yang Baik dalam Keluarga

10 Manfaat Komunikasi yang Baik dalam Keluarga

37
0

melayani-dengan-komunikasi

 

Dalam keluarga sangat diperlukan komunikasi, terutama komunikasi kepada anak, dengan komunikasi antara orang tua dan anak terjalin dengan baik, maka keluarga akan mudah untuk mencapai tujuan yang akan dicapainya. Untuk itu akan dibahas betapa pentingnya komunikasi dalam keluarga dengan menyimak manfaat komunikasi dalam keluarga, seperti berikut ini :

1. Menyampaikan informasi

Dengan adanya komunikasi, ketika keluarga ingin menyampaikan suatu informasi maka, setiap anggota keluarga akan tau informasi itu. Jadi tidak akan adanya miss komunikasi, atau pula dalam keluarga tidak akan ada ketidak saling tahua antara satu dengan yang lainnya. Dengan komunikasi ini maka akan membawa dampak :

Keluarga akan tercipta damai
Kesalahpahaman dalam keluarga bisa diminimalisir dengan komunikasi
Setiap informasi yang dimiliki setiap keluarga dapat mengetahuinnya
2. Mengerti keinginan karena diungkapkan dengan ekspresi

Komunikasi non verbal, komunikasi dengan menggunakan ekspresi, dengan adanya ekspresi dalam keluarga maka dalam keluarga akan :

Mengerti apa yang di inginkan setiap anggota keluarganya
Mampu memahami setiap situasi dan kondisi anggota keluarganya, dengan melihat ekspresi yang dikeluarkan.
3. Timbulnya sikap sosial di keluarga

Melatih komunikasi pada anak, terutama bicara dan berekspresi akan membantu anak mengembangkan sikap sosialnya baik di keluarga maupun di luar masyarakat nantinya. Anak yang mampu berbicara dan berekspresi lebih mudah di ketahui keinginannya dibanding anak yang hanya diam saja. Dengan berbicara dan berekspresi, jiwa sosial yang dimiliki anak akan muncul secara spontan. Hal itu disebabkan karena beberapa hal yaitu :

Anak terbiasa berbicara dengan anggota keluarga yang lain
Anak terbiasa mengungkapkan keinginannya kepada orang lain
Anak terbiasa berinteraksi terhadap orang lain
Anak akan terbiasa belajar dengan lingkungan dengan berbicara dan berekspresi sehingga akan menimbulkan sikap sosial yang baik
4. Fungsi control

Komunikasi akan membantu orang tua untuk mengontrol pergerakan anak, baik di dalam keluarga maupun di luar keluarga atau di lingkungannya. Dengan berkomunikasi, keluarga akan mengerti hal apa saja yang telah terjadi di luar sana, sehingga keluarga bisa :

Mengetahui hal apasaja yang dilakukan anak
Bagaimana perkembangan sosialisasi antara individu dengan individu yang lain
Apakah anak berbuat nakal atau tidak di dalam lingkungan
Seberapa peka dan peduli anak terhadap lingkungan sekitarnya

Tak hanya dalam keluarga komunikasi memang sangat dibutuhkan untuk setiap kehidupan. Komunikasi merupakan sarana efektif dalam bekerja, untuk itu komunikasi sangatlah diperlukan dalam melengkapi kehidupan sehari-hari. Dalam setiap hidup hampir setiap hari menggunakan komunikasi, baik komunikasi secara langsung atau pun komunikasi secara langsung, komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal. Pada dasarnya komunikasi ini berfungsi untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan.

5. Memberi ruang untuk anak agar berkata jujur

Yang terpenting bagi keluarga adalah komunikasi, itulah sebabnya komunikasi sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarga terutama anak dengan orang tua. Pada dasarnya keterbukaan anak sangat penting bagi orang tua, untuk itu sudah semestinya sejak kecil melatih anak untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Melatih anak untuk selalu terbuka berkata jujur agar tidak ada kebohongan, sehingga apabila ada masalah, orang tua akan mudah untuk menyelesaikan masalah di dalam keluarganya.

6. Melatih sikap empati dalam keluarga

Saling mengerti, memahami dan peka terhadap anggota keluarga akan menimbulkan rasa empati dalam keluarga. Jika empati sudah ada disetiap anggota keluarga, control keluarga akan lebih mudah dilakukan, kehidupan harmonis dalam keluarga akan mudah didapatkan, sehingga akan terciptanya keluarga yang damai dan bahagia.

Empati merupakan rasa peduli antara individu dengan individu yang lain atau perasaan yang mendalam yang dimiliki individu terhadap individu lain hingga saling memahami. Empati muncul karena adanya rasa simpati dan peduli di dalam kehidupan.

7. Dapat menyalurkan dukungan

Bila komunikasi dalam keluarga dapat berjalan dengan baik, maka setiap anggota keluarga akan mampu untuk saling memberikan dukungan satu dengan yang lainnya, dengan begitu kebutuhan keluarga akan terpenuhi. Selain itu, juga anak akan lebih mudah bereksplorasi untuk mencapai keinginannya, karena komunikasi pada orang tuanya, akan lebih mudah untuk orang tua memberikan dukungan kepada sang anak.

8. Menyalurkan sikap positif

Komunikasi akan membantu lingkungan keluarga untuk menyalurkan sikap positif, baik itu menegur, menyayangi satu dengan yang lainnya. Hingga kebiasaan-kebiasaan positif akan dapat dibiasakan.

9. Saling memahami persamaan dan perbedaan

Komunikasi akan membuat hubungan dalam keluarga menjadi harmonis, dengan adanya komunikasi maka perbedaan di keluarga akan dapat saling dipahami.

10. Memiliki maksud dan tujuan yang sama

sama seperti halnya sebuah organisasi, disetiap rumah tangga pun memiliki tujuan. Untuk itu komunikasi sangat dibutuhkan dalam keluarga agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan yang di harapkan. Apabila maksud dan tujuan yang sama sudah tercapai maka keluarga akan mencapai keluarga yang bahagia.//manfaat.co.id/

Pembaca (42)