10 Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri

10 Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri

Mengetahui karakter diri sendiri bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meski demikian, jika Anda mau meluangkan waktu dan mengusahakannya, pengenalan karakter ini bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Karenanya sebagai individu, kita harus bisa menghargai orang lain sesuai dengan karakter yang mereka miliki.

Pengenalan karakter pada diri pribadi memiliki banyak manfaat. Di antaranya:

  • Dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  • Bisa bersikap toleransi terhadap kekurangan orang lain
  • Menghargai orang lain dengan karakter mereka masing-masing
  • Mampu menemukan minat dan bakat pada diri sendiri

Nah, untuk membantu Anda mengetahui karakter diri sendiri, berikut 10 cara yang layak Anda lakukan.

1. Tulis rincian tentang diri sendiri

Siapkan alat tulis dan kertas, lalu tulislah segala hal yang berhubungan dengan diri Anda. Tulis tentang kelebihan dan kekurangan Anda, setidaknya 5 kelebihan dan 5 kekurangan.

Selanjutnya tulis juga apa yang selalu menjadi sumber keberhasilan Anda dan apa yang menjadi sumber kegagalan. Setelah semuanya itu, buatlah kalimat berupa pernyataan:

  • Aku adalah… (isilah dengan minimal 5 tanggapan)
  • Yang aku banggakan dari diriku adalah… (isilah dengan minimal 5 tanggapan juga)

Langkah pertama pengenalan karakter ini akan membuat Anda mengenal siapa diri Anda sendiri, apa kelebihan dan kekurangan serta bagaimana Anda menanggapinya.

2. Bayangkan masa kecil Anda

Anda pasti tahu bahwa anak kecil selalu penuh dengan kepolosan dan kejujuran. Di situlah karakter asli terlihat dengan jelas. Karenanya, coba bayangkan kembali masa kecil Anda.

Ingat kembali apa yang pernah membuat Anda bahagia dan apa yang membuat Anda kecewa. Lalu juga ingat kembali apa yang menjadi keyakinan, impian dan cita-cita. Jika sudah berubah, tulis juga apa penyebab perubahannya.

Mengapa penting membayangkan masa kecil kita? Karena masa kecil adalah masa pembentukan karakter, di mana perkembangannya akan membentuk karakter Anda kelak ketika dewasa.

Berikut contoh beberapa hal di masa kecil yang bisa membentuk karakternya di kemudian hari:

  • Anak yang diajarkan melakukan pekerjaan rumah tangga dan terbiasa melakukannya, akan lebih mandiri dan mampu bekerjasama.
  • Seorang Anak yang disayang dan diperhatikan orang tua akan memiliki kesuksesan dalam sekolah atau pekerjaan serta berhasil dalam hubungan pribadinya dengan orang lain.
  • Anak yang sejak kecil selalu diajak berdiskusi tentang hal sepele dalam keluarga, akan berkembang menjadi seorang yang bijaksana dan solutif.
  • Anak yang selalu diajarkan berani berpendapat meskipun berbeda, akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan berani membela kebenaran.

3. Cobalah hal-hal baru

Belajar dan mencoba hal-hal yang belum pernah diketahui memang memiliki resiko yang besar. Dan itu tidak mudah bagi Anda yang takut menghadapi resiko.

Namun sampai kapan Anda harus takut dengan resiko? Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki, Anda tidak akan bisa berkembang bahkan potensi Anda pun akan ikut terkubur seiring dengan besarnya ketakutan Anda.

Berani mencoba hal-hal baru menunjukkan bahwa Anda siap menghadapi resiko. Anda pun akan dapat melihat kemampuan yang mungkin belum Anda sadari. Proses inilah yang disebut pengenalan akan karakter pribadi.

4. Bertanya kepada orang lain

Salah satu cara mengetahui karakter diri sendiri adalah dengan bertanya kepada orang lain. Cari teman yang lugas dan berani bicara jujur apa adanya. Mintalah mereka mengungkapkan apa kelebihan dan kekurangan Anda.

Jika ternyata lebih banyak kekurangan dan biasanya teman dekat menyatakannya secara jujur tanpa takut Anda tersinggung, maka terimalah dengan lapang dada. Bukankah itu sangat bermanfaat untuk perkembangan diri Anda di masa depan?

Cari minimal 5 teman dengan perbedaan rentang usia. Dari situ Anda bisa mencatat bagaimana karakter Anda di mata orang lain. Ini penting agar Anda tahu bagaimana diri Anda sebenarnya dalam hidup sehari-hari.

5. Memiliki impian atau tujuan hidup

Memiliki sebuah impian atau tujuan hidup adalah hal yang umum bagi setiap orang. Temukan impian Anda. Lalu mulailah menyusun langkah demi langkah bagaimana cara mencapainya.

Jangan pernah menyerah sebelum saatnya. Jangan pernah merasa gagal sebelum Anda mencobanya. Percayalah bahwa impian Anda sangat mungkin dicapai dengan usaha dan kerja keras yang sepadan.

Dalam melakukan usaha menggapai mimpi ini, Anda akan berproses dan tahu sebenarnya dimana letak kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

6. Bekerja dalam tim

Sebagian orang gemar menyendiri dan bekerja dengan dirinya sendiri. Mereka kurang nyaman jika bersosialisasi atau berhubungan dengan banyak orang.

Meski demikian, jika Anda ingin mengenal karakter diri, bukalah pergaulan seluas-luasnya. Akan lebih baik juga jika Anda diharuskan bekerja dalam sebuah tim.

Bekerja dalam tim tidak mudah bagi orang yang egois dan ingin menang sendiri. Mereka akan cenderung memerintah dan sedikit bekerja. Sebaliknya, orang yang rendah hati dan senang menolong orang lain, akan melakukan tugas-tugasnya tanpa banyak menuntut bahkan menghindari terjadinya konflik. Bagaimana dengan Anda?

7. Cermati cara Anda berkomunikasi

Ingin tahu karakter diri sendiri yang lebih jelas lagi? Ingatlah bagaimana cara Anda berkomunikasi. Mungkin selama ini Anda tidak sadar, namun coba ingat kembali ketika ada seorang teman yang berkeluh kesah kepada Anda.

Ketika teman Anda bercerita panjang lebar, apa yang Anda lakukan? Apakah Anda merasa bosan, lalu memotongnya dan mulai bercerita tentang diri sendiri? Ataukah Anda justru terdiam dan mendengarkan ceritanya dengan seksama.

Jika Anda sering memotong pembicaraan orang dan malah berbalik membicarakan diri sendiri, Anda termasuk orang yang egois dan sulit berbagi. Namun jika Anda menjadi pendengar yang baik, bahkan memberikan tanggapan yang diperlukan, Anda adalah orang yang ramah dan rendah hati.

8. Ketahui selera musik Anda

Tahukah Anda, selera musik dan karakter seseorang ternyata berhubungan lho. Menurut para ahli, ada 4 kelompok karakter atau kepribadian berdasarkan selera musiknya, yaitu:

  • Penyuka blues, jazz, klasik dan folk adalah orang yang memiliki kestabilan emosi dan terbuka.
  • Penggemar rock, heavy metal dan alternatif adalah orang yang cerdas, keras kepala dan memiliki tekad yang kuat.
  • Penyuka musik country, pop dan religius adalah orang yang mau menerima pendapat orang lain namun tidak mudah terbuka terhadap siapa saja.
  • Penyuka musik rap, funk, soul, hip hop adalah orang yang paling mudah berkompromi dan tidak takut mengeluarkan pendapatnya.

Nah, dari karakter berdasarkan selera musiknya, bagaimanakah karakter Anda?

9. Lihat respons Anda terhadap kegagalan

Cara mengetahui karakter diri sendiri bisa dilakukan dengan melihat respons Anda terhadap kegagalan. Apa yang Anda lakukan ketika terjadi kegagalan dari sebuah usaha yang didasarkan pada perencanaan matang?

Apakah Anda marah-marah, kecewa, menyalahkan diri sendiri, putus asa, tidak mau melakukan apa-apa lagi atau justru menyalahkan orang lain?

Ataukah Anda merasakan kecewa dan sedih namun kemudian bertekad bangkit dan berjuang lagi untuk meraih kesuksesan yang tertunda?

Atau lebih parah lagi, Anda justru lari dari kenyataan dan tidak bisa menerimanya?

Di sini Anda bisa mengetahui bagaimana karakter Anda sesungguhnya. Kegagalan yang terjadi dari sebuah usaha yang sudah dipersiapkan dengan matang adalah hal yang bisa memukul kita, menjatuhkan harga diri bahkan menghilangkan kepercayaan diri sendiri.

Cara merespons kegagalan ini memperlihatkan dengan jelas karakter kita, apakah masih kekanak-kanakan ataukah benar-benar dewasa untuk memikul sebuah tanggung jawab?

10. Berhenti menjadi orang lain

Anda tidak akan bisa menemukan karakter sejati dalam diri, jika Anda masih terus menjadi seperti orang lain. Mungkin Anda memiliki idola atau panutan sehingga Anda ingin menjadi seperti mereka. Bersikap dan bertutur kata seperti idola.

Ini tentu tidak baik bagi diri Anda sendiri terutama bagi perkembangan karakter Anda. Tetaplah menjadi diri sendiri apa adanya. Jaga perilaku dan tutur kata agar tetap sopan dan tidak menyinggung orang lain.

Hargai dan cintai diri Anda sebagai pribadi yang unik dan berkarakter, karena di situlah letak kekuatan Anda sebagai makhluk ciptaan Yang Maha Kuasa.

Berikut cara agar Anda bisa menerima diri apa adanya:

  • Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain
  • Berhenti memikirkan pendapat orang tentang diri Anda
  • Jangan malu menunjukkan bagaimana pribadi Anda
  • Yakini bahwa tidak ada manusia yang sempurna

Penutup

Itulah 10 cara untuk membantu Anda mengetahui karakter diri sendiri. Memang awalnya tidak mudah, namun jika Anda terus berusaha menggali karakter diri dan mencatatnya, Anda akan tahu kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri Anda.

Hal ini penting untuk membantu memunculkan kualitas pribadi yang mungkin selama ini belum pernah diketahui. Dari sepuluh cara di atas, adakah cara lain yang pernah Anda lakukan? Atau adakah cara lain yang Anda ketahui?

Pembaca (2)